KEWIRAUSAHAAN
PROPOSAL
BUSINESS PLAN
LAPANGAN FUTSAL
OLEH :
WELLY SETIAWAN SILALAHI
NIM.
11 651 032
DOSEN
PENGAMPU :
H.
Mat Juri, S.E., M.M
AKUNTANSI
MANAJERIAL
POLITEKNIK
NEGERI SAMARINDA
TAHUN
2014
Kata Pengantar
Puji dan syukur penulis ucapkan kehadirat Allah SWT karena
berkat rahmat dan karunia-Nya,
para penulis dapat
menyelesaikan proposal kewirausahaan ini tepat pada waktunya. Tak lupa shalawat berangkaikan salam penulis hadiahkan kepada junjungan kita Nabi
Besar Muhammad SAW, yang telah membawa kita dari zaman kebodohan menuju zaman yang penuh dengan
ilmu pengetahuan.
Adapun latar belakang penulis membuat proposal Usaha Bubur kacang ( “Penyewaan
Lapangan Futsal”) ini. Para
Penulis ingin mengucapkan terima
kasih kepada beberapa pihak yang telah membantu dalam rangka penyelesaikan proposal ini, selain itu kerja sama yang baik
diantara para penulis membuat
proposal ini dapat
terselesaikan tepat pada waktu yang telah ditentukan.
Penulis menyadari bahwa proposal ini masih jauh dari sempurna, masih banyak
hal yang kurang dalam penulisan proposal ini. Oleh karena itu, penulis
mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar penulis dapat memperbaikinya.
Harapan penulis, semoga proposal ini dapat bermanfaat dan menjadi sumber ilmu
yang baru bagi kita semua. Amin.
Samarinda, Mei 2014
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Meningkatnya
prestasi dalam olahraga merupakan sebuah fenomena yang menarik bagi masyarakat
dan pecinta olahraga. Pencapaian prestasi olahraga yang baik perlu didukung
oleh adanya prasarana dan sarana yang menunjang. Untuk itu perlu adanya
persiapan dana yang cukup besar guna mencapai prestasi yang maksimal. Selain
daripada itu peningkatan prestasi olahraga tidak hanya di dukung oleh adanya
dana, namun perlu adanya pelatihan secara rutin dari tingkat SD hingga SMA
bahkan jika perlu intensitas penyelenggaraan kejuaraan / even – even kegiatan
di daerah lebih ditingkatkan. Hal ini
belum cukup namun perlu adanya perhatian dan campur tangan pihak pemerintah.
Maka dari itu tepatlah kiranya bila pemerintah mencanangkan program yang
berbunyi “Memasyarakatkan Olahraga dan
Mengolahragakan Masyarakat.“ Pencanangan ini dimaksudkan untuk menumbuhkan
kembali semangat dalam melakukan olahraga. Selain itu juga dapat digunakan
untuk menggali potensi yang ada dan tersebar di seluruh wilayah nusantara pada
umumnya dan di kota Samarinda khususnya.
Di
Indonesia olahraga Futsal saat ini sangat digemari oleh semua kalangan
masyarakat dari mulai usia anak-anak, dewasa hingga orang tua. Keterbatasan
lapangan sepak bola di Indonesia, di sisi lain minat masyarakat akan olahraga
bola semakin meningkat, Hal ini mengakibatkan terjadinya kesenjangan antara
ketersediaan lapangan bola dengan permintaan dari para pengguna lapangan
olahraga bola.
Lapangan
Futsal hadir untuk menjembatani kesenjangan tersebut, bahkan di tahun-tahun
terakhir ini olahraga futsal sangat booming di Indonesia dan tentunya
memberikan konstribusi keuntungan yang menggiurkan bagi mereka yang berada di
bisnis ini sebagai Pemilik Lapangan Futsal. Sehingga kami memutuskan mendirikan
sebuah lapangan futsal dengan keistimewaan lapangan rumput sintetis dan
lapangan biasa yang kami namakan “Player
Futsal”.
Futsal mulai
digemari sekitar tahun 2005 meski sejak tahun 1999 hingga 2000 sudah mulai
banyak dirintis. Futsal dapat dikatakan sebagai sepak bola mini sebab meski
aturan permainan hampir sama dengan sepak bola, namun lapangan yang digunakan
lebih kecil dan pemainnya lebih sedikit. Bagi masyarakat yang tinggal
diperkotaan sulit mendapatkan lapangan cukup luas untuk bermain bola, futsal
dirasa dapat menjadi alternatif olahraga yang tepat. Tak heran bila futsal
tidak hanya digemari dari kalangan pelajar, mahasiswa, tapi juga karyawan dan
selebritis. Olahraga mampu menghilangkan stress mulai banyak dipertandingkan,
baik secara lokal, regional maupun tingkat dunia.
Dalam pembuatan Arena Futsal, kami mempunyai kompetensi khusus dalam pelayanan terhadap konsumen. Kita akan
membentuk anggota club futsal yang anggotanya adalah pelanggan. Setiap tiga
bulan diadakan pertandingan antar anggota club. Apabila berjalan dengan lancar,
maka skop pertandingan akan ditingkatkan mencakup pertandingan tingkat
propinsi.
Selain itu kami juga menyediakan kartu member untuk menarik para pelanggan kami dan akan diberi discount sebesar 10%. Tentu kami berharap dari sepak bola mini ini, akan hadir generasi penerus bangsa yang dapat mengharumkan nama Indonesia di kancah sepakbola internasional.
Selain itu kami juga menyediakan kartu member untuk menarik para pelanggan kami dan akan diberi discount sebesar 10%. Tentu kami berharap dari sepak bola mini ini, akan hadir generasi penerus bangsa yang dapat mengharumkan nama Indonesia di kancah sepakbola internasional.
1.2 Visi dan Misi
Visi : Membentuk anak-ank mda yang
berkarakter, bermental kuat, berjiwa sportif dalam suasana kebersamaaan dalam
rangka meraih prestasi tinggi. Menjadikan olahraga futsal sebagai pelayanan olahraga yang membawa
dampak buat banyak orang
Misi:
Ø
Adanya saling mendukung di pelayanan futsal
Ø
Menjadikan komunitas futsal sebagai keluarga
Ø
Menjadikan arena futsal berskala nasional
Ø
Menjalin persaudaraan yang kokoh di antara anggota club
Ø
Menerapkan mode pelatihan futsal yang baik dan terarah
Ø
Memajukan futsal sebagai penyalur hobi yang baik
Ø
Mempunyai perusahaan futsal
1.3 Tujuan
Studi
ini dimaksudkan untuk menganalisa secara jelas dan detail semua aspek dari
segala bidang guna mencari tahu kelayakan dan manfaat bagi masyarakat dalam
usaha pendirian sebuah usaha bisnis futsal,
dan mengetahui apakah bisnis ini adalah investasi yang menguntungkan atau
tidak. Tujuan dari studi kelayakan ini adalah untuk menghindari terjadinya
risiko kegagalan atau mengurangi kemungkinan keterlanjutan investasi yang
merugikan. Dan tujuan lainnya dibuat usaha futsal ini adalah untuk penyediaan sarana olahraga dan tempat kumpul untuk
meningkatkan kesehatan dengan harga dan tempat yang mudah dijangkau. Disamping
itu dapat juga untuk menjalin silaturahmi antar divisi dan mempererat
kekeluargaan.
BAB II
ASPEK PASAR DAN PEMASARAN
2.1 Analisa Kecenderungan
Dalam
kondisi pasar, ada faktor-faktor yang berubah dalam lingkungan sekitar.
Faktor-faktor yang berubah dalam lingkungan ini bisa dilihat seperti di bawah
ini :
a.
Ekonomi
Kondisi ekonomi negara akan mempengaruhi tarif yang akan
ditetapkan untuk konsumen dan juga akan mempengaruhi banyaknya konsumen yang
akan menyewa lapangan. Kondisi ekonomi berpengaruh langsung terhadap pendapatan
masyarakat mengakibatkan konsumen menyewa lapangan akan berubah, apabila ekonomi negara menurun, maka konsumen juga akan menurun dan
sebaliknya.
Dalam menanggapinya,
Player Futsal menyesuaikan keadaan dengan kondisi yang terjadi pada saat itu. Apabila
perubahan ekonomi yang menurun dan pendapatan masyarakat ikut turun, maka harga
sewa lapangan juga ikut turun dan sebaliknya.
b.
Teknologi.
Perkembangan teknologi berpengaruh terhadap minat
konsumen untuk menyewa lapangan. Masyarakat akan mencari lebih berkembang dari
yang ada. Apabila ada pemain baru atau pesaing baru yang mempunyai peralatan
yang berteknologi lebih berkembang dari pada bisnis yang kita jalankan, maka
kecenderungan akan penurunan pendapatan, tetapi peurunan yang terjadi tidak
besar, karena Player Futsal
juga akan mengikuti teknologi perkembangan di tengah masyarakat.
c.
Lingkungan
Perubahan
lingkungan juga akan mempengaruhi jumlah konsumen. Apabila cuaca buruk atau
hari hujan dan banjir, maka konsumen yang akan datang akan berkurang dan
apabila cuaca baik maka konsumen akan meningkat. Perubahan lingkungan juga
mempengaruhi kondisi fisik lapangan futsal.
2.2 Analisa kebutuhan pasar
Analisa
kebutuhan pasar, data yang diambil berdasarkan tempat yang terdapat bisnis
penyewaan lapangan futsal. Data yang
diambil adalah di kota Samarinda yaitu Levi futsal.
Dari data tempat usaha yang ada di Kota
Samarinda, adanya peningkatan peminat
dalam permainan futsal dari bulan ke bulan berikutnya. Peningkatan ini
menunjukkan prospek yang sangat menarik dalam bidang bisnis penyewaan lapangan
futsal.
Ø Permintaan dan penawaran
Data permintaan pada penyewaan lapangan
futsal.
No.
|
Bulan (2014)
|
Permintaan / jam
|
1.
|
Agustus
|
389
|
2.
|
September
|
409
|
3.
|
Oktober
|
370
|
4.
|
November
|
429
|
5.
|
Desember
|
498
|
Sumber : Levi Futsal
Data
penawaran pada penyewaan lapangan futsal
No.
|
Bulan (2014)
|
Penawaran / jam
|
1.
|
Agustus
|
372
|
2.
|
September
|
360
|
3.
|
Oktober
|
372
|
4.
|
November
|
360
|
5.
|
Desember
|
372
|
Sumber : Levi Futsal
Dari data di atas dapat dilihat permintaan dari bisnis ini tinggi. Dapat dilihat dari kekurangan
penawaran terhadap permintaan pasar yang sangat banyak. Sehingga bisnis ini akan dapat berjalan hingga
tahun-tahun seterusnya.
2.3
Analisis kompetitor
Dalam pembuatan lapangan futsal di kota Samarinda, sekarang
hanya ada tiga pesaing di dalam pasar, yaitu Mahakam JM Futsal, Levi Futsal, dan
Suryanata Futsal.
Nama Perusahaan Pesaing
|
Keunggulan
|
Kelemahan
|
Mahakam
JM Futsal
|
Menggunakan
lapangan rumput sintetis
|
Lokasi
jauh dari pusat kota/sulit dijangkau
Lapangan
Standar
|
Levi
Futsal
|
Menggunakan
lapangan rumput sintetis
|
Daya
cengkeram permukaan tidak terlalu kuat
Lokasi
jauh dari pusat kota
|
Suryanata
Futsal
|
Menggunakan
lapangan rumput sintetis dan semen
|
Permukaan
agak keras dan rentan mengakibatkan cedera
|
2.4
Analisis SWOT
Ø
Strength
Dalam mencapai profit, Player Futsal mempunyai kelebihan-kelebihan
yang tidak kalah oleh para pebisnis penyewaan lapangan futsal yang ada seperti
:
a. Player Futsal menyewakan lapangan dengan
fasilitas yang lengkap, nyaman dan lantai tempat bermain merupakan rumput
sintesis yang belum banyak dimiliki oleh lapangan futsal ada di tempat lain.
b. Player Futsal mempunyai anggota dalam penyewaan
lapangan sehingga kami mempunyai pelanggan tetap.
c. Kami akan mengadakan pertandingan antar anggota, apabila berjalan lancar maka skop pertandingan akan ditingkatkan menjadi pertandingan tingkat propinsi.
c. Kami akan mengadakan pertandingan antar anggota, apabila berjalan lancar maka skop pertandingan akan ditingkatkan menjadi pertandingan tingkat propinsi.
d. Player Futsal berada pada lokasi sangat strategis
yang dilalui oleh jalur angkutan kota. serta berdiri di atas tanah yang berada
di area perkantoran, sekolah, kampus dan perumahan.
Ø Weaknesses
Kelemahan yang
ditemui adalah harga tanah yang mahal di daerah di perkotaan, biaya
pembangunan gedung, pengadaan fasilitas yang besar dan pencarian lokasi bebas
banjir.
Ø Opportunities
Kesempatan terjadi dilingkungan eksternal adalah peningkatan
minat konsumen terhadap olahraga futsal, seperti bisnis futsal di Kota
Samarinda yang kian hari kian bertambah. Apabila Kesempatan ini terlewatkan maka besar kemungkinan pesaing akan memanfaatkannya.
Ø Threath
Banyak saingan yang namanya sudah lebih populer dan dikenal konsumen terutama di Kota Samarinda, harga penyewaan yang sewaktu-waktu bisa naik dapat menyebabkan penyewaan lapangan futsal yang dapat mengurangi pembeli.
2.5 Analisa Keunggulan
Bersaing
Ø Threath
Banyak saingan yang namanya sudah lebih populer dan dikenal konsumen terutama di Kota Samarinda, harga penyewaan yang sewaktu-waktu bisa naik dapat menyebabkan penyewaan lapangan futsal yang dapat mengurangi pembeli.
Ø
Potensi keunggulan bersaing
Player Futsal memiliki
keunggulan bersaing. Produk/lapangan yang disewakan, kami menyewakan lapangan
dengan menggunakan rumput sintesis, tingkat kerataan yang baik, permukaan yang
tidak licin Selain itu, Player Futsal menyediakan kartu member dengan penawaran khusus untuk menarik dan
mempertahankan pelanggan. Harga yang ditawarkan pun cukup bersaing. Selain
itu lokasi pendirian lapangan strategis dan mudah dijangkau, yakni terletak di
kota.
Ø
Kinerja yang dihasilkan
Dalam kinerja yang dihasilkan oleh bisnis ini, diharapkan
kepuasan dan loyalitas konsumen tinggi, market
share dan keunggulan yang didapatkan juga besar. Selain itu, prospek bisnis ini ke depan sangat
bagus karena minat masyarakat terhadap olah raga tidak akan hilang.
BAB III
ASPEK TEKNIS DAN OPERASIONAL
Adapun alat yang digunakan
dalam pendirian Player Futsal lapangan Futsal
dengan fasilitas yang memadai, termasuk sarana dan prasarana penunjang seperti
locker & ruang ganti, musholla, toilet, washtafel dan lapangan parkir.
Ukuran
lapangan yang diberikan :
- Ukuran: panjang 25 m x lebar 15 m.
- Garis batas: garis selebar 8 cm, yakni garis sentuh di sisi, garis gawang di ujung-ujung, dan garis melintang tengah lapangan; 3 m lingkaran tengah; tak ada tembok penghalang atau papan.
- Daerah penalti: busur berukuran 6 m dari setiap pos.
- Garis penalti: 6 m dari titik tengah garis gawang.
- Garis penalti kedua: 10 m dari titik tengah garis gawang.
- Zona pergantian: daerah 6 m (3 m pada setiap sisi garis tengah lapangan) pada sisi tribun dari pelemparan.
- Gawang: tinggi 2 m x lebar 3 m.
Selain itu, kami juga akan membuat club futsal
yang anggotanya dari pelanggan sendiri. Tim yang terbentuk adalah anggota tetap
yang berlangganan dalam menyewa lapangan. Sehingga kami mempunyai pelanggan
tetap dalam penyewaan lapangan. Setiap enam bulan diadakan pertandingan antar
tim dan tim yang menjadi pemenang akan diberi hadiah uang tunai.
3.2 Lokasi Usaha
Lokasi
untuk membuka usaha
Player Futsal
adalah di
jalan Ir. H. Juanda. Alasan mengapa kami memilih lokasi di
daerah tersebut antara lain karena: Lokasi yang terletak di kota, sehingga
memudahkan para pelanggan untuk mencapainya, kemudahan akses transportasi ke
lokasi, dimana lokasi tersebut cukup mudah aksesnya ditandai dengan angkutan
transportasi yang dapat digunakan untuk menuju ke lokasi. Lokasi yang dekat
dengan area perkantoran,
universitas, sekolah-sekolah, dan pemukiman masyarakat sehingga
memudahkan para pegawai perkantoran dan mahasiswa juga masyarakat umum untuk dapat menikmati fasilitas permainan di
Player Futsal.
3.3. Desain
Player Futsal
Konsep desain ruangan yang direncanakan dari Player Futsal adalah indoor dengan rumput
sintetis, jaring, alas Rumput (Backing Foundation), tiang Gawang dan karpet
penyambung rumput.
3.4. Proses Bisnis
Ada
sejumlah proses bisnis yang dilaksanakan oleh Player Futsal. Pihak eksternal yang terlibat dalam proses bisnis di Player Futsal adalah:
- Pelanggan/Customer.
Pelanggan Player Futsal
yang datang untuk berolahraga dan refreshing dari rutinitas sehari-hari.
- Dengan pihak sponsor. Pihak sponsor
yang datang untuk mengadakan sebuah turnamen pertandingan.
- Pemasok/Suplier (bahan, perlengkapan dan peralatan). Perusahaan atau
individu yang menyediakan bahan, peralatan, dan barang-barang untuk proses
pembangunan gedung sarana dan prasarana futsal.
BAB IV
MANAJEMEN DAN ORGANISASI
Mengingat
semakin bertambahnya minat masyarakat terhadap olahraga, sementara sarana olah raga untuk memenuhinya
terbatas, khususnya di kota Samarinda, maka bisnis yang kami bidik adalah
penyewaan lapangan futsal. Berikut keterangan usaha yang akan dibuat.
- Profil perusahaan
Nama usaha :
Player Futsal
Nama
pemilik/pimpinan usaha : Welly
Setiawan
Alamat
kantor/tempat usaha : Jl. Ir. H. Juanda
No. Telp :
(05411) 418059
Jumlah
karyawan/tenaga kerja : 5 orang
- Penggunaan Lapangan Futsal
Dalam pemakaian jasa yang diberikan kepada konsumen,
pihak pengusaha menyewakan lapangan futsal dengan fasilitas futsal
yang lengkap.
Dalam pengembangan usaha, kita akan melakukan pembuatan
lapangan futsal dengan
fasilitas yang lebih lengkap dan harga yang kompetitif. Kita akan melakukan pertandingan-pertandingan futsal setiap tiga bulan untuk lebih menarik konsumen dan meningkatkan profit
usaha.
Pihak usaha
juga akan melakukan promosi usaha. Dalam promosi usaha dilakukan penyebaran brosur-brosur
yang disebarkan langsung ke konsumen dan via jejaring sosial.
- Rencana penggunaan dana
Dalam realisasinya, dana yang didapat akan digunakan
untuk pembelian dan pembangunan ruangan futsal sekaligus lapangannya beserta
kantor dan pembelian inventaris kantor.
- Jangka waktu pengembalian modal.
Apabila prospek usaha berkembang dengan cepat, sesuai
dengan prediksi modal akan kembali dalam jangka waktu 21 bulan. Hanya biaya
operasional dan gaji karyawan yang dikeluarkan dari keuntungan usaha.
Karyawan yang direkrut bertugas dalam
bidang penjaga dan bidang administrasi. Dalam bidang administrasi, karyawan
yang direkrut wanita atau pria tamatan SMK jurusan akuntansi dan karyawan
penjaga, merupakan pria tamatan SLTA.
Struktur organisasi
BAB V
ASPEK KEUANGAN
Pehitungan Biaya Investasi
- Biaya Sipil
(Fondasi, Lantai dan
dinding) Rp. 220.000.000,
- Biaya
Konstruksi Tiang Baja WF dan Atap Rp. 180.000.000,-
- Biaya
Lapangan Rumput sintetis dan biasa, jaring, dll Rp. 150.000.000,-
- Harga
Tanah Rp. 600.000.000,-
Total Biaya Investasi
(dibulatkan)
Rp. 1.150.000.000,-
Perhitungan Perkiraan BEP
Estimasi pemasukan apabila rata-rata 10 jam/hari @ Rp. 180.000,-
Total Pemasukan
Lapangan sintetis 10 jam x 180.000 x 30 hari = 54.000.000,-
Pemasukan dari Penjualan Minuman dan parkir = 6.000.000,-
Total = 60.000.000,-
Pemasukan dari Penjualan Minuman dan parkir = 6.000.000,-
Total = 60.000.000,-
Estimasi Biaya :
Gaji Pegawai 3
orang @ Rp.1.000.000,- = 3.000.000,-
Listrik 12 lampu @250 watt Rp. 37.500 + Air = 700.000,-
Maintenance Rumput, Bola dll = 700.000,-
Listrik 12 lampu @250 watt Rp. 37.500 + Air = 700.000,-
Maintenance Rumput, Bola dll = 700.000,-
Telepon /
Internet = 1.000.000,-
Lain-Lain = 600.000,-
Total = 6.000.000,-
Total = 6.000.000,-
Total Pemasukan
Rp. 60.000.000,- dikurangi Biaya Rp. 6.000.000,- = Rp. 54.000.000,-/bulan
Biaya Investasi 1.150.000.000 / 54.000.000 BEP ± 21 Bulan.
Biaya Investasi 1.150.000.000 / 54.000.000 BEP ± 21 Bulan.
PBP = Rp 280.415.135,87 X 12 = 1,64
Rp 2.047.666.000,00
BAB VI
KESIMPULAN
Berdasarkan uraian dan
analisa studi kelayakan yang telah dijabarkan pada bab-bab sebelumnya, maka dapat
disimpulkan bahwa:
1. Segi pasar, peminat terhadap olahraga terus
meningkat setiap tahunnya, sehingga Player Futsal menyediakan vasilitas
yang lengkap guna memenuhi animo masyarakat yang cukup tinggi terhadap olahraga
ini. Sejumlah karyawan dan mahasiswa adalah merupakan target utama yang terus
mengalami peningkatan setiap tahunnya.
2. Segi perekonomian, pembukaan futsal kami
ini dapat membantu peningkatan minat masyarakat terhadap olahraga, hal ini
berarti membantu negara mewujudkan masyarakat yang sehat, sehingga jika
masyarakat sehat akan meningkatkan kualitas kerjanya. Sehingga dapat mendorong
perkembangan perekonomian di Indonesia, juga dapat mendorong Indonesia menjadi
negara yang melahirkan pesepakbola yang handal.
4. Segi teknologi, kami menyediakan 2 lapangan yang
terdiri dari lapangan biasa dan lapangan rumput sintetik dengan ukuran lapangan
mengikuti standar international.
5. Segi lokasi, lokasi yang kami gunakan letaknya sangat
strategis karena Lokasi yang terletak di kota, sehingga memudahkan para
pelanggan untuk mencapainya.
6. Segi manajemen SDM, memperkerjakan mereka yang
telah ahli di bidangnya dengan gaji yang telah disesuaikan dengan latar
belakang, pengalaman dan juga budget perusahaan.
7. Segi penawaran, tingkat permintaan masih jauh lebih
tinggi daripada tingkat penawaran yang ada di Indonesia.
8. Segi promosi dan service yang ditawarkan. Player Futsal memberikan
penawaran yang menarik dengan menyediakan dua lapangan dan pendirian tempat di
lokasi yang strategis.
9. Segi keuangan, biaya-biaya, kewajiban-kewajiban
dan harta yang kami gunakan balance dengan modal yang ada. Modal yang kami
gunakan adalah modal modal dari investor
Sehubungan dengan hal-hal tersebut, maka kami mempunyai keyakinan bahwa Player Futsal dengan
berlokasi di
Jln. Ir. H. Juanda Samarinda akan dapat berkembang dengan baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar